Berita Nutrisi Terkini

Kontak Kulit Ke Kulit Setelah Kelahiran Dapat Membantu Mengurangi Angka Kematian Bayi

Feb 23, 2016

Sentuhan ibu memiliki kekuatan penyembuhan dan juga dapat memberikan nafas kehidupan pada bayi. Sebuah studi baru menemukan bahwa kontak kulit ke kulit antara ibu dan bayi yang baru lahir dapat mengurangi risiko kematian pada bayi dengan berat badan lahir rendah.

Penelitian yang diterbitkan dalam jurnal Pediatrics, menilai studi-studi terdahulu mengenai kontak kulit ke kulit antara ibu dan bayi setelah proses persalinan. Studi ini memakai 124 studi yang diterbitkan antara tahun 2000 – 2014. Kontak kulit ke kulit, atau dikenal sebagai perawatan metode kanguru, adalah sebuah metode perawatan bayi baru lahir dengan cara meletakkan bayi didada ibu (skin to skin) untuk menyalurkan kehangatan pada bayi melalui kontak kulit, juga untuk menyusui bayi.

Menariknya, para peneliti menemukan bahwa bayi baru lahir dengan berat badan kurang dari 2.000 gram (4.4 lbs.) dan menerima perawatan metode kanguru angka kematiannya berkurang sebanyak 36% dan 47% berisiko lebih rendah untuk terkena infeksi mayor. Mereka juga menunjukkan tingkat oksigen dan pertumbuhan lingkar kepala yang lebih baik, serta pengukuran parameter nyeri yang lebih rendah. Manfaat tambahannya adalah ada kemungkinan angka ASI eksklusif tumbuh sebesar 50% setelah bayi keluar dari rumah sakit.

Apa yang paling menggembirakan adalah bahwa hasil yang sama dapat ditemukan di seluruh negara berpenghasilan rendah, menengah maupun tinggi. Secara global, angka kematian bayi cukup tinggi dengan 4 juta bayi per tahun meninggal di bulan pertama kehidupan. Bayi yang lahir prematur atau dengan berat badan lahir rendah merupakan yang paling berisiko.

Kontak kulit pasca melahirkan terutama dianggap berguna untuk bayi dengan berat badan lahir rendah di negara-negara berpenghasilan rendah dan menengah di mana sumber daya medis yang langka. Para peneliti menekankan dampak global dari studi ini dengan mengatakan, "Negara-negara maju maupun berkembang seharusnya bergerak untuk menjadikan perawatan metode kanguru atau kontak kulit-ke-kulit sebagai praktik “normal” yang bermanfaat bagi semua bayi yang baru lahir dan ibunya."

Terlebih lagi, perawatan metode kanguru juga bermanfaat bagi ibu. Kontak kulit ke kulit telah terbukti positif mempengaruhi tingkat stres pada ibu dan meningkatkan ikatan batin dengan bayi, meningkatkan kesehatan serta kesejahteraan emosional. Kontak kulit ke kulit mungkin juga meningkatkan hubungan interpersonal antara kedua orangtua bayi serta meningkatkan kemungkinan pemberian ASI.

Pada akhirnya, kita dapat menyimpulkan bahwa bagi bayi dengan berat badan lahir rendah, payudara seorang ibu mungkin menjadi jembatan untuk kehidupannya.

Sumber berita : Klik Disini!